Info ASN PNS, Info ASN PPPK.

Mendikbud Siapkan Perpres, Sekolah Lima Hari Segera Terwujud

Sahabat pembaca Info Guru, sudah tahukah anda bahwa saat ini pemerintah sedang membuat Perpres program Penguatan Pendidikan Karakter tersebut. Namun, nantinya apakah semua sekolah wajib menerapkan lima hari sekolah atau tidak, semua itu tergantung pembahasan di tingkat pemerintah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, dengan sekolah lima hari maka orangtua dapat memiliki waktu untuk ikut mendidik dan mengasuh anak secara penuh pada dua hari libur sekolah. Selama ini orang tua cenderung melimpahkan semua tanggung jawab pendidikan siswa kepada pihak sekolah.

"Nanti akan diatur di Pepres, apakah nanti sifatnya pilihan atau bertahap kita akan lihat, saat ini kita sedang godok masalah itu," tandas Muhadjir.

Pada 19 Juli 2017 pemerintah telah melakukan rapat mengenai Rancangan Perpres Penguatan Pendidikan Karater.

Muhadjir menambahkan, antinya setiap sekolah wajib menerbitkan dua rapor untuk memantau perkembangan siswa. Program Penguatan Pendidikan Karakter, nantnya sekolah akan menerbitkan dua rapor. 

Pertama untuk penilaian akademik intrakulikuler dan rapor berikutnya berupa rekaman aktivitas siswa yang berupa narasi deskrptif untuk menceritakan tingkat perkembangan siswa dari tingkat SD sampai SMA.

Mendikbud menjelaskan, pada rapor rekaman aktivitas siswa itu juga akan dilaporkan mengenai minat, bakat serta kemahiran istimewa yang dimiliki siswa tersebut.  Dengan Program Penguatan Pendidikan Karakter ini akan ada porsi yang seimbang antara peranan sekolah dengan keluarga untuk mendidik siswa.

"Program ii sekaligus dalam rangka impelemntasi manajemen pendidikan berbasis sekolah, sekolah harus mempunyai tanggung jawab untuk mengatur kegiatan belajar siswa baik di sekolah, masyarakat maupun di rumah," kata Muhadjir, dalam siaran persnya, Selasa (25/07/2017).

Berita ini bersumber dari Netralnews.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Page

Entri Populer

Pesan Sponsor

loading...

Statistik Blog